Kamis, 25 Oktober 2012

Berminat Mencoba Pertanyaan Saya...???

Berminat mencoba pertanyaan saya…???

Jika anda berminat, silahkan siapkan mesin penghitung waktu (exp: stopwatch/jam tangan/jam dinding), dan secarik kertas serta sebuah pena. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan jawaban Y/T (Ya/Tidak) dalam waktu 20 detik. Soal ini hanya ada 5 buah dan hanya menggunakan angka 2 dan 1, jadi cukup mudah tuk mengerjakannya.
Pertanyaan :


  1. Setiap angka yang dikalikan dua, jawabannya pasti ganjil.
  2. Setiap angka yang dikalikan dua ditambah dua, jawabannya pasti genap.
  3. Setiap angka yang dikalikan dua ditambah satu jawabannya pasti ganjil  
  4. Setiap angka yang dikalikan dua ditambah dua jawabannya pasti ganjil  
  5. Setiap angka yang dikalikan dua jawabannya pasti genap.


Berapakah waktu yang anda tempuh dalam menjawab soal diatas…???
Apakah lebih dari 20 detik…???
      Apakah jawaban anda benar semua…???, mari kita cocokan

  1. TIDAK  (karena semua angka yang dikalikan 2 jawabannya pasti GENAP, baik itu angka ganjil, baik itu angka genap.  n.2=genap  ,  2.2 = 4  ,  3.2=6  ) 
  2. YA (n.2+2=genap  ,  2.2+2=6 ,  3.2+2=8) 
  3. YA (n.2+1=ganjil  , 2.2+1=5  ,  3.2+1=7) 
  4. TIDAK(n.2+2=genap  ,  2.2+2=6 ,  3.2+2=8) 
  5. YA (n.2=genap)


Alkisah :
Rabu, 24 oktober 2012 di kelas XII Alam tercinta. Hari itu adalah hari pembagian hasil UTS, namun di sekolahku tetap berlaku hukum KBM. Walhasil, tak ada pelajaran yang tak kosong kecuali Fisika, karena hampir semua guru sibuk dengan pekerjaan mereka dalam mengurusi hasil UTS. Setelah pelajaran fisika usai, dirikupun yang sedang kesurupan jin einsten, tiba2 membuka lks fisika yang seumur-umur ntu lks jauh dari sentuhan lembut tanganku. Bab pertama adalah Gelombang. Dalam bab gelombang itu, dijabarkan rumus letak simpul dan letak perut.      
(2.n +1).λ /4     dan    (2.n).λ/4     (beginilah rumusnya, klo ana gak salah)
Karena dua rumus itulah, aku membuat pertanyaan diatas. Sekedar untuk intermezzo dan mengisi waktu dalam penantian hasil UTS, kusebarkan ntu pertanyaan pada beberapa santriwati.
Dari hal itu, dapat disimpulkan bahwa waktu normal yang mayoritas dibutuhkan oleh santriwati untuk menjawab pertanyaan diatas dengan keberanian menjawab dan konsentrasi yang baik adalah ±20 detik.
Tarbiyah yang dapat diambil dari kerjaan ku yang iseng-iseng ini adalah:

 BERANILAH dan JANGAN TAKUT DALAM MENERIMA TANTANGAN.  Ada 3 ekspresi yang muncul dari para santriwati ketika ana tawarkan pertanyaan diatas

  1. Golongan Pertama.  Mereka tidak berani dan menolak mentah2 tawaran ku. Padahal mereka lom liet n lom tau wujud pertanyaanku ntu gimana. 
  2. Golongan Kedua, mereka mencobanya namun diawali dengan  keragu2an dan rasa takut dalam menerima tawaranku untuk mnejawab pertanyaan diatas, walhasil, konsentrasi merekapun tidak maksimal, karena terganggu akan rasa takut dan keragu2annya. Mereka mampu menjawab pertanyaan, namun diatas ambang waktu yang ditentukan, atw mereka mampu menjawab pertanyaan diatas dalam waktu yang ditentukan, namun, ada beberapa jawaban yang salah. 
  3. Golongan ketiga. Meraka berani mencoba tanpa ragu2 dan rasa takut salah. Mereka mampu berkonsentrasi dengan baik karena didukung keberanian dan keyakinan mereka. Aku pun sodorkan pertanyaan diatas pada golongan ini, dan walhasil, semua nya mampu menjawab pertanyaan diatas dalam ambang waktu yang ditentukan, yaitu ±20 detik.

Ini berlaku untuk semua orang, tidak melihat tingkatan kelas maupun jurusan kelas. Baik itu kelas 2 ataupun kelas 3, baik kelas IPA maupun kelas IPS.
So, BERANILAH dan JANGAN TAKUT… SIAPAPUN ANDA…!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar